Cardano Mengapa dan Apa Itu - berita crypto

Cardano Mengapa dan Apa Itu

Cardano Mengapa dan Apa Itu? Review penting Berita Crypto seiring dengan kenaikkan harganya dan sistem slot leader serta epochs Cardano. Mungkin banyak diantara para pelaku mata uang digital crypto belum terlalu mengerti apa itu Cardano. Serta mengapa dia terus naik harganya seiring dengan Bitcoin. Saat artikel ini dibuat Cardano memiliki market cap 40 Billion Dollar USD dan harga 1,4$ per 1ADA. Dimana cryptoberita.com memperkirakan Cardano akan terus naik hingga 3$ dalam bulan depan dengan alasan dalam artikel ini.

Cardano

Cardano adalah crypto platform yang diluncurkan pada sekitar tahun 2017 setelah lebih dari dua tahun proses pengerjaan. Dimana prosesnya berbeda dengan crypto currency umumnya. Crypto lain biasanya meluncurkan white paper kemudian langsung membuat kode, untuk digunakan. Tetapi Cardano dibuat berdasarkan scientific philosophy dan pendekatan riset.

Jadi selama bertahun-tahun proyek mereka dikomunikasikan dengan para ahli di seluruh dunia. Untuk kemudian mereka review, koreksi dan menyetujui. Hal itu yang membuat Cardano sarat dengan komunitas para pro dan ahli. Demikian Cardano adalah cryptocurrency blockchain generasi ke-3 setelah Bitcoin dan ETH (Ethereum).

Bitcoin adalah crypto dengan mode teknologi proof of work, sedangkan ETH dengan Smart Contract. Mode teknologi ini yang membuat hasil serta cara menarik keuntungan dari adanya crypto ini berbeda. Bitcoin pada dasarnya adalah emas digital yang sangat kuat berfungsi sebagai mata uang internasional tetapi terkendala oleh masalah skala dan penggunaan energi. ETH yang kuat dalam skalabilitas tetapi kurang cocok sebagai mata uang internasional, lebih kepada platform project digital komputer.

Cardano memiliki misi menyelesaikan masalah yang dihadapi generasi ke-1 Bitcoin dan Ke-2 ETH. Masalah itu adalah skalabilitas, interoperabilitas, dan keberlanjutan. Skala adalah masalah teknologi dan energi seperti yang dialami oleh BTC yaitu perihal transaksi per detik, bandwith jaringan dan data storage. Untuk sebuah crypto menjadi alat pembayaran internasional maka harus bisa mengatasi masalah transaksi per detik dimana kemudian hari BTC memperbaiki dengan menggunakan Lightning Network.

Cardano sendiri sebagai generasi ke-3 crypto blockchain menggunakan mode Ouroboros yang mengembangkan sistem Proof of Stake (POS) bukan Proof of Work (POW) seperti pada BTC. Mode teknologi algoritma POW yang menjadi penyebab adanya proses mining yang berat dengan kompetisi hebat. Secara teknis jaringan BTC harus didukung oleh kekuatan komputing dan listrik yang besar tidak seperti Cardano. Tetapi secara komunitas memang lebih memberikan banyak orang kesempatan untuk menjadi miner.

Cardano adalah uang crypto yang jelas dan anti inflasi seperti uang umumnya. Max Supply Cardano (ADA) adalah 45,000,000,000. Sedangkan Total Supply ADA  45,000,000,000. Kini Circulating Supply
31,948,309,441 ADA atau sudah 71%. Demikian nilai ADA akan semakin naik dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun. Semua orang tahu ada berapa ADA sekarang di pasaran, ruang publik dan berapa jumlah akhirnya. Sistem ini masih menganut cara Bitcoin.

Slot Leader dan Epoch

Sementara itu mata uang digital ini menggunakan sistem berbeda dalam proses miningnya (POS). Bahwa tidak terjadi kompetisi komputing di dalamnya. Dimana jaringan yang memilih para miner yang membuat blok baru. Sistem ini yang disebut Slot Leader, membuat hash rate komputer ringan.

Dia membagi waktu menjadi Epochs atau zaman. Sebuah zaman dibagi menjadi beberapa slot, dimana jaringan memilih pemimpin di setiap slot. Dimana pada slot itu hanya dia yang akan memvalidasi transaksi bukan orang lain. Jikalau slot leader absent atau tidak melakukan tugasnya pada waktunya maka dia kehilangan haknya.

Jadi slot leader yang tidak muncul pada waktunya maka kehilangan haknya. Jikalau dia sering melakukan itu maka kesempatannya dalam jaringan sebagai miner juga akan semakin kecil. Sebab jaringan akan menentukan pihak-pihak yang sering hadir untuk menjadi leader dalam slot dan epoch. Inilah cara kerja miner atau orang-orang yang bertugas memvalidasi transaksi dalam cardano serta mendapatkan bayaran.

Cardano juga memiliki misi untuk bisa menjadi mekanisme transfer antar crypto. Karena kesulitan untuk melakukan transfer nilai crypto satu dan lainnya tanpa adanya pihak ke-3. Cardano membawa sebuah standar baru teknologi yang terbuka untuk menangtang dunia lama. Mengubah dunia ke era dunia baru yang aktif dalam distribusi inovasi dan berkelanjutan.